Sunday, May 8, 2016

Pertama Kenal PCOS: PCOS apa?

Awalnya aku cuek dengan siklus mensturasi yang acak-acakan. Soalnya pernah di bilang mamah, beliau dulu juga waktu gadis siklus haid nya ga teratur tapi Overall No Problemo.
Sejarah siklus haid ku kurang lebih begini:
Haid pertama SMP kelas 3 ♤Haid kedua setaun kemudian alias SMA kelas 1♤berikutnya tiap 6 bulan sekali atau 4 bulan sekali berlanjut sampai kuliah. Sesekali dapet haid teratur tiap bulan, palingan 3 bulan berturut-turut habis itu kembali ke ketidakteraturan 😤
Lambat laun mulai ngerasa aneh dan takut kenapa-kenapa, plus sharing juga sama temen kantor, akhirnya aku memutuskan buat cek ke RS Santosa.

Sekitar tahun 2009 pertama kali nya aku tau istilah PCOS. Waktu itu yang ngenalin pertama kali dr. Indri Budiarti SpOG. Dan kurang lebih beliau menjelaskan seperti gambar (dari: Medicine Net, Inc).
Penjelasan tentang PCOs secara simpel begini:
Normal nya tiap bulan sel telur wanita/Ovum berkembang, matang, jika tidak di buahi maka semestinya meluruh (haid). Untuk kasus PCOS telur/ovum nya ada beberapa/lebih dari satu, melingkar atau seperti buah anggur, mereka susah berkembang/Ga matang karena saling berebut asupan. Semacam kista kecil-kecil. Biasanya si PCOS ini menyerang perempuan yang berat badannya berlebih dan lifestyle nya ga sehat, faktor genetik juga berpengaruh.
Aku langsung celingak celinguk liat badanku, perasaan badan ga gede-gede amat, 46kg doang, cuma memang lemak di paha sama pipi nih yg jd masalah.  Kemungkinan terbesar memang dari gaya hidup. Dari SMA udah jadi anak kost, makan sembarangan di luar 1 hari 3x, gorengan, bakso, jajanan pedes aneh-aneh. Pantess.
Nah, dr. Indri Budiarti kemudian kasih aku resep obat, beliau bilang, ini obatnya buat orang yang menderita diabetes, tapi bukan berarti ibu menderita diabetes ya.. bla..bla..bla.. SHOCK!!!
Intinya: Gimana caranya biar c telor kecil-kecil itu nyisa satu yg berkembang, FOKUS yang mateng nya SATU Ovum. Si obat itu a.k.a INLACIN diharapkan membantu proses tersebut.
Dan jangan lupa harus OLAHRAGA teratur. Olahraga yang di sarankan, lari, sepedahan (sepeda pasif juga boleh), renang.

No comments: